fonemik normatik (wilayah tegal-brebes)

Makul              : Fonologi Bahasa Indonesia

Dosen Pengampu : Sutji Muljani, M.Hum

Nama               : Bachtiar Luthfi

NPM               : 1511500005

Progdi/Smt      : PBSID/IIa

 

 

FONEMIK NORMATIK (BREBES – TEGAL dan SEKITARNYA)

  1. “Asu.” Kati ini memiliki dua penggunaan. Yang pertama sebutan untuk anjing. Dan yang kedua adalah ungkapan disaat marah atau [seb∂l]. kata ini dianggap tabu atau kasar. Dalam fingsi pertama bisa diganti dengan kata “waung”. Dan dalam fungsi kedua bisa diganti dengan kata “asem.” (suhari)
  2. “Begog”. Kata ini memiliki dua fungsi. Dan masing-masing fingsi tetap dianggap tabu. Fungsi pertama yaitu sebitan lain untuk “babi”. Fungsi kedua yaitu ungkapan disaat marah. Kata ini dianggap sangat tabu dan tidak sopan. Bahkan jikaada yang mengujarkan kata ini, sama dengan mengajak berkelahi. Dalam penggunaan pertama, bisa dganti dengan kata “babi”. Dan dlala penggunaan kedua bisa diganti dengan kata “asem.” (Suhari)
  3. “Kunyuk.” Kata ini memiliki dua penggunaan. Yang pertama digunakan untuk menyatakan nama binatang (kera). Dan yang kedua adalah digunakan untuk menyatakan rasa kesal atau marah. Kata ini dianggap tabu dan disarankan untuk diganti dengan kata lain jika ingin menyabutkannya. Dalam penggunaan pertama bisa diganti dengan kata “monyet.” Dan dalam penggunaan kedua bisa diganti dengan kata “asem.” (suhari)
  4. “Ula” [Ulha]. Kata ini berkaitan denga do’a. dan dianggap tabu jika diujarkan pada waktu malam hari. Maka harus diganti dengan kata “oyod.” Kata oyod disini mengandung pengartian “jika kitan menyebutkan oyod, maka ular tidak akan melilit atau menggigit katika diinjak. Karena oyod tidak akan bergerak jika diinjak. (Sanimah)
  5. “Rika.” Kata ini digunakan untuk mnyatakan orang kedua (kamu dalam bahasa Indonesia). kata ini dianggap tabu, lebih-lebih jika ditujukan kepada orang yang lebih tua. Oleh karena itu kata “Rika” harus diganti dengan kara “Sempean atau Njenengan.” (Amiroh).
  6. “Peli.” Kata tersebut digunakan untuk menyatakan kemaluan pria. Dan kata ini dianggap tabu. Oleh karena itu, kata tersebut biasanya diganti dengan kata “Titit.” (Sanimah)
  7. “Raimu”. Kata tersebut untuk menyatakan kata ganti orang. Kata ini dianggap tabu. Oleh karena itu kata tersebut bisa diganti dengan kata “Njenengan” atau “Sampean.” (Rusdi Hidayat)
  8. Orang hamil, tidak boleh berkata jorok, menyebut sebutan hantu atau setan, tidak boleh mengejek orang cacat. Karena dihawatirkan akan berakibat buruk pada si jabang bayi jika sudah dilahirkan nanti. (Sanimah)
  9. “Tahi.” Kata tersebut biasanya digunakan untuk menyatakan sebutan kotoran hewan ataupun manusia. Kata ini dinanggap tabu. Oleh karena itu, kata ersebut diganti dengan kata “Yaiz.” (Amiroh)
  10. “Cocot” dan “Cangar.” Kata ini dalam bahasa Indonesia disebut “mulut.” Kata ini dianggap tabu. Oleh karena itu, kata tersebut bisa diganti dengan kata “Lambe” atau “Mulut.” (Suhari)
  11. “Mbadog.” Kata ini memiliki sinonim dalam bahasa Indonesia, yaitu “Makan.” Kata tersebut dianggap tabu. Oleh karena itu, kata tersebut bisa diganti dengan kata “Dahar” atau “Maem.” (Suhari)
  12. “Merad.” Kata ini memiliki sinonim dalam bahasa Indonesia, yaitu “Pergi.” Kata ini dianggap tabu. Oleh karena itu, kata tersebut bisa diganti dengan kata “Tindak” atau “Pergi.” (Sanimah)
  13. “Telembuk.” Kata yang satu ini akan berbeda jika disebutkan di daeran kota Pemalang. Di Kota pemalang, kata “Telembuk” memiliki arti “Dage” (makanan). Tapi akan sangat atbu jika diucapkan di wilayah Tegal dan Brebes. Karena memiliki makna “Pelacur” atau WTS. (Khunaenah)
  14. “Laki”. Kata tersebut akan wajar jika diucapkan pada wilayah Kota Jakarta. Kerena memiliki makna Jenis Kelamin selain Pria. Tetapi, akan sangat tabu jika diucapkan pada wilayah Tegal atau Brebes karena memiliki arti “Bersetubuh” atau melakukan “Kawin.” (Rusdi Hidayat)
Pos Berikutnya
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: