TOR (Term Of Reference)

TERM OF REFERENCE

WORKSHOP PELATIHAN MENULIS

Tema: Hidup untuk Menulis

Oleh : Hudjolly

I. LATAR BELAKANG

Menulis merupakan kunci pembuka bagi kemajuan peradaban manusia. Untuk menghasilkan tulisan seseorang harus menguasai sebuah cara, atau metode tentang bagaimana menyusun rangkaian kata menjadi tulisan, tidak perduli apapun bentuk tulisan itu. Manusia diberi kemampuan spesial untuk mengubah pengalaman yang dialaminya ke dalam untaian kata. Hanya manusialah yang mampu memindahkan imajinasi dan mimpi ke alam tulisan ini, membagi mimpi dan khayalan lewat tulisan. Lewat tulisan, sejarah hidup seorang manusia akan dikenang dan diketahui generasi sesudahnya bak pepatah”Gajah Mati meninggalkan Gading, Harimau Mati meninggalkan Belang, Manusia mati meninggalkan Tulisan”

Menulis, bagi sebagian orang merupakan pekerjaan yang sulit, menjemukan, tapi bagi sebagian orang terlihat mudah bahkan menyenangkan. Sebelum menghasilkan sebuah karya tulis, dua hal dasar yang harus dikuasai adalah Keberanian dan Kemampuan menulis. Keberanian untuk menuangkan apa yang dalam benak anda ke bentuk-bentuk huruf, keberanian untuk menuangkan problem sekitar kita ke dalam tulisan. Menulis adalah hal yang menyenangkan.

Menulis berarti kemampuan menggubah ide, hasil perenungan, pikiran sederhana, unik, lucu menggelitik, imajinasi dan fantasi manusia ke dalam susunan alfabetis, kata yang membentuk kalimat. Masalahnya tidak semua orang berhasil memindah ide, fantasi imajinasi, pemikiran yang ada dalam benaknya ke dalam bahasa tulisan. Berjam-jam di hadapan kertas putih hanya menghasilkan beberapa paragraf, atau hanya beberapa kalimat! Inilah persoalan dasar dari kerja menulis: menghasilkan tulisan yang beragam kualifikasinya.

Beragam jenis tulisan perlu dikenali, agar pada saat Anda menulis anda bisa mengetahui apa tipe tulisan Anda, selera dan bakat Anda dalam menguntai kata.  Menulis berita dan menulis cerpen tentu saja berbeda dalam hal cara dan pilihan kata. Menulis puisi dan menulis artikel pun berbeda cara pula. Oleh karena itu diperlukan pengenalan dan kemahiran tentang cara menulis dari dua sisi : FIKSI  (cerpen, novel, sastra puitika) dan Non FIKSI (berita, esai, artikel).

Bagi mahasiswa kemampuan menulis sangat penting untuk dikuasai dan dikenali dengan baik. Workshop Menulis ini akan menghadirkan para praktisi menulis, aktor –aktor yang tulisannya mewarnai cara berpikir ribuan orang. Praktisi Jurnalis berpengalaman. Workshop juga menghadirkan para kampiun menulis sastra, fiksi, aktor yang sejumlah karyanya telah melintasi sekat daerah dan kebudayaan.

Apa dan bagaimana sebuah kegiatan menulis menjadi hal yang mudah dan menyenangkan, bahkan bisa mendatangkan rupiah?. Melalui serangkaian acara dalam satu hari workshop menulis, berbagai rahasia tentang cara menulis akan diberikan.

II. TUJUAN

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan peserta merangkum kata, mencari ide, mendeskripsikan peristiwa sehari-hari ke dalam tulisan, menyusun tulisan, cara mengirimkan tulisan untuk konsumsi media masa, lomba dll. Sebagai langkah awal, maka pengenalan strategi menulis akan dikembangkan dalam pelatihan ini.

III. METODE PENYAJIAN

Kegiatan Workshop Pelatihan Menulis ini hanya memerlukan dua sesi pertemuan. Sesudah seremoni pembukaan, pertemuan pertama akan dibuka oleh Pemateri yang membawa tema Menulis Non FIKSI, antara lain bagaimana menulis berita, essai, artikel. Sesi ini akan dipandu oleh Pemateri dari Suara Merdeka yaitu Wawan Hudiyanto.

Dilanjutkan dengan Sesi kedua, pelatihan menulis, menggubah ide menjadi imajinasi menjadi tulisan. Seni ini akan berfokus pada penulisan FIKSI. Materi akan disampaikan oleh Nur Hidayat Poso, Penulis Coast Line Magazine (Majalah Indonesia-Australia) dan Joshua Igo (Seniman dan Penulis).

IV. WAKTU DAN TEMPAT

Waktu dan tempat pelaksanaan sebagai berikut:

Hari dan tanggal: Minggu, 20 Mei 2012-04-11

Waktu: pukul 08.00-12.30

Tempat : Aroma Bakery Kota Tegal (direncanakan)

V. PESERTA

Workshop ini dapat diikuti oleh pendidik, mahasiswa tingkat awal hingga tingkat akhir, maupun masyarakat.

Syarat Peserta:

  1. Mengisi formulir pendaftaran/biodata peserta dan mengirimkannya ke Panitia sebelum batas waktu penutupan registrasi
  2. Menyerahkan contoh tulisan (Setengah halaman A4)

VI. FASILITAS

Peserta akan mendapatkan :  Materi Pelatihan

Tanda Peserta dan Alat Tulis

Sertifikat

Souvenir

VII. PENDAFTARAN

Pendaftaran akan dibuka mulai tanggal 12 April- 3Mei 2012 di tempat-tempat yang telah ditentukan panitia.

XII. INFORMASI

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Komunitas Penulis dan Jurnalis Kampus UPS (Kompass UPS) atau kontak person : Sdr Edi Waluyo (08567025274), Sdri Dewi Muslikhatun (085786165419), Sdr Bachtiar Lutfi (085713473266) dll atau dapat dilihat pada : KompassUps.blogspot.com

Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: